3 BUS RAJA JALANAN INDONESIA
1. PO selamat group
PO Sumber Selamat,Sugeng Rahayu (Selamat Group) adalah Perusahaan Otobus yang bertempat di JL Sidorejo (Surabaya-Krian) KM 25 (dusun sidorejo)-Krian-Sidoarjo Jawa Timur awalnya hanya memiliki 6 unit bus dan terus berkembang hingga memiliki 250 an armada bus.
kelas: :
-AC EKONOMI (AC Tarip Biasa) (Aktif)
-Ekonomi Non AC (Aktif)
-Patas AC (Non Aktif)
Tujuan
-Surabaya-Madiun-Solo-Yogyakarta (Aktif)
-Surabaya-Madiun-Solo-Semarang (Aktif)
-Surabaya-Madiun-Solo-Wonogiri (Aktif)
-Surabaya-Madiun-Ponorogo (non aktif)
-Surabaya-Madiun-Solo-Purworejo (Non Aktif)
Po Sumber Group di dirikan oleh bapak Setyaki Sasongko bersama sang istri Elly Juwono Sasongko,bapak setyaki sasongko yang pernah mengenyam pendidikan di jerman tentu tahu betul seluk beluk armada yang dimilikinya,oleh karena itu armada-armada selamat group selalu terawat dan prima bahkan yang sudah di jual ke Perusahaan Otobus lain pun masih awet, mesin Hino AK8-JRKA +turbo intercoller tenaga 215 PS (Pferde-Staarke…std JIS adopsi Jerman) dengan kubikasi 7684cc Jo8E-UH menjadi lebih bertenaga,irit dan nayaman dikendalikan oleh driver, sekarang pengelolaan manajeman di bantu oleh putra bapak setyaki yaitu bapak Hartono selaku pemegang mangemant Sumber Selamat dan bapak setyaki sendiri memiliki 3 orang anak,Bapak Setyaki Sampai Sekarang dan menjabat sebagai owner PO Selamat Group,Motto : Melayani Setulus Hati (sumber selamat) dan Tetap Setia Melayani (sugeng rahayu) Aman,Cepat,nyaman (sumber kencono)….
2. EKA MIRA
PO eka-mira adalah perusahaan jasa angkutan umum mode transportasi bus. eka termasuk golongan bis patas sedangkan mira adalah golongan bis ekonomi ac.
dibawah ini adalah jalur atau rute yang dilalui:
- PO. EKA melayani kelas Eksekutif dengan rute :
- Surabaya - Solo -Â Jogja - Magelang PP.
- Surabaya - Solo - Salatiga - Semarang Pp.
selain itu eka mira juga melayani pariwisata.
3. akas group
1 Akas 1 dipimpin Pak Harsono dengan trayek khusus jalur Surabaya Banyuwangi atau Malang Banyuwangi lewat jalur utara (Situbondo). Ciri-ciri bis ini adalah tulisan Akas hurufnya masing-masing tertulis terpisah. Saya dapat cerita dari Pak Harsono bahwa Akas itu singkatan dari “Allah Kuasa Alam Semesta”. Jumlah armada Akas 1 tidak sebanyak yang lain, kata mekanik di garasi ini, pemiliknya lebih senang bereskperimen dengan busnya dari pada mengembangkannya, jadi jangan heran kalau dulu busnya banyak yang sudah tidak standard dan jadi banter.
2. Akas 2 dipimpin Pak Hartoyo (Tingok) dengan trayek ke timur lewat selatan (Jember). Dalam perkembangan, Akas 2 ini memiliki armada terbanyak dengan jurusan sampai ke Jateng (khusus jalur selatan spt Madiun, Solo, Jogja, Ponorogo) dan Bali. Di garasi ini selain nama Akas, ada juga nama Yuangga, Indonesia Abadi, Harapan Kita dan beberapa nama lain lagi yang saya nggak hapal.
3. Akas 3 kebanyakan mempunyai rute yang sama dengan akas 2 dan sekarang banyak memakai nama Anggun Krida, Kurnia Abadi. Dulu sempat punya armada ATB dengan trayek Jember Tegal
4. Akas 4 mempunyai rute yang berhimpitan dengan Akas 1 dan sudah masuk juga ke Jateng khusus jalur utara (Semarang) dan Bali. Ciri-ciri bis ini dulunya warna bisnya dominan abu-abu.
Dari keempat kepemilikan tersebut ada satu nama yang saya tidak tahu kepemilikannya cuman garasinya masuk di Akas 4, yaitu Mila dan Karmina Rizki. Kalau dapat cerita dari kru, Mila singkatan dari “Milik Akas” tapi gak tahu Akas yang mana.
Pada generasi ke 3 hanya sedikit informasi yang saya dapat, yaitu :
1. Akas 1 sepertinya masih dikelola bersama oleh anak dari pemilik Akas 1, cuman saya lihat nggak ada perkembangan mulai dari dulu sampai sekarang.
2. Akas 2 berpindah kelola ke generasi ke 3 yaitu Akas Asri (dipimpin oleh Bu Sri), Akas NNR (NNR=Nike Nora Roy) dan Akas … (sepertinya Akas saja tapi ada warna hijaunya). Pembagian ini bukan dari jumlah anak Pak Tingok, tetapi berdasarkan dari beberapa istri dari Pak Tingok. Akas Asri berkembang ke bis Malam Jember Jakarta dan Kepanjen Malang Surabaya Jakarta. Cuman trayek yang Malang Jakarta tidak bertahan lama. Akas NNR punya banyak ATB ke Solo, Jogja, Ponorogo dan Cirebon (pakai nama Harapan Kita, atau orang komuter Cirebon Probolinggo bilangnya HK atau Harkit).
3. Akas 3 masih belum terbagi
4. Akas 4 masih belum terbagi dan banyak main di Pariwisata.
akas asri yg jogja ke bwngi dari jombang jam brp y mas?
ReplyDeletetunggu aja mas biasanya jam 8 an udah mulai ada!
ReplyDeleteSemua masih kalah sama harapan jaya... Beritanya kurang mengerti langsung di lapangan...
ReplyDeleteHarapan jaya hahahahhaha coba suruh adu sama sumber kencono menang mna
ReplyDeletebetul2 ! Sesudh itu suruh aduh lgi sama ALS ATAU MEDAN JAYA
Deletebetul2 ! Sesudh itu suruh aduh lgi sama ALS ATAU MEDAN JAYA
DeleteBetul2 ,sesudah itu coba aduh sama bis ALS dan MEDAN JAYA . klw gk ketingalan berjam jam
DeleteBetul2 ,sesudah itu coba aduh sama bis ALS dan MEDAN JAYA . klw gk ketingalan berjam jam
DeleteSaya tiga tahun kerja di bus restu panda jalur ponorogo surabaya. Saya tahu persis keunggulan speed harapan jaya memang rata rata masih lebih hebat dari sumber group. Lihat saja di jalur perseteruan mereka di kertosono-surabaya, harapan jaya rata rata lebih nekat dibanding bus bus lain termasuk sumber group. Tiap hari saya lihat harapan jaya ngacak ngacak rombongan sumber, mira.
ReplyDeleteIntra tu lihat video nya ngeblong nya gila bikin detak jantung
ReplyDeleteIntra tu lihat video nya ngeblong nya gila bikin detak jantung
ReplyDeleteKlw blom rasain jalur sumatra blom bis raja jalanan !yg raja jalanan itu adalah ALS dan MEDAN JAYA ! dari sumatran sampe jawa tanjap gas trus ! bis2 yg anda bilang raja jalanan itu tidak benar jgn membangakan wilayah sendiri
ReplyDeleteBudiman bagus bagus
ReplyDelete